Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Senin, 10 Oktober 2016

Organisasi Komputer Dasar

     Pada artikel sebelumnya, penulis menjelaskan tentang "Evolusi Arsitektur Komputer", kini penulis akan menjelaskan hal yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, yaitu "Organisasi Komputer Dasar". 

      Seperti yang penulis jelaskan pada artikel sebelumnya, komputer termasuk benda yang sangat dibutuhkan pada saat ini guna membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Semakin berlalunya waktu, komputer merupakan salah satu teknologi yang selalu berkembang dari masa ke masa. 

        Sebagaimana definisi komputer menurut Robbert H. Bilssmer pada tahun 1985, "Komputer merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi."

Organisasi Komputer Dasar

       Organisasi komputer dasar adalah sebuah perangkat yang terkait dengan unit-unit yang terinterkoneksi antara komponen penyusun sistem komputer untuk merealisasikan aspek. Contoh aspek dari organisasi komputer adalah teknologi hardware, interface, memory, sistem memory, dan sinyal-sinyal kontrol. 

Berikut adalah blok diagram mengenai organisasi komputer dasar:



           Dalam blok diagram tersebut terlihat bahwa CPU merupakan komponen yang paling penting untuk dihubungkan dengan I/O Ports dan Memori melalui Control Bus, Data Bus, dan Address Bus. Hal itu dikarenakan CPU merupakan pusat pengontrol atau pengendali dari semua informasi di dalam komputer. 

1.Input Device (Alat Masukan)

Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard 


2. Output Device (Alat Keluaran)
Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. 


3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. 


5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 

            Bus adalah sekelompok kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul. Informasi saling bertukar diantara modul melalui bus. 


6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 


7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. 


8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Struktur & Fungsi Komputer

  • Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengancara tertentu dengan dunia luar.
  • Contoh : CPU ( Procesor), Memory Utama
  • Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur

Fungsi dari Komputer

  • Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • Fungsi Operasi Kontrol








Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com