Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Jumat, 09 Mei 2014

Revolusi Budaya

Assalamu'alaikum. 

Hello readers! kali ini yang saya akan bahas adalah tugas kuliah juga, ya sepertinya semua hal yang saya posting adalah tugas kuliah yaa hehe okee deh, sekarang saya akan membahas tentang Revolusi Budaya.

          Readers tau apa itu Revolusi Budaya? sebenarnya saya juga masih agak sedikit kurang mengerti tentang hal ini, tapi setidaknya saya mengerti beberapa hal yang berkaitan tentang Revolusi Budaya ini hehe. Jadi sebenarnya Revolusi Budaya itu apa sih? Kalau dilihat dari sudut pandang, pengertian Revolusi adalah perubahan sosial dan perubahan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Kalau Kebudayaan itu adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jadi, pengertian dari Revolusi Budaya itu adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat dalam waktu yang cukup lambat.
              Revolusi Budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan dalam lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Contohnya, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru lainnya dalam kebudayaan. Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Revolusi Budaya:

      Lingkungan alam fisik
Terjadinya berbagai bencana alam menyebabkan masyarakat yang mendiami daerah-daerah itu terpaksa harus meninggalkan tempat tinggalnya. Apabila mereka mendiami tempat yang baru, mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan alam yang baru yang akan mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga organisasi mereka. Penyebab yang bersumber pada lingkungan alam fisik kadang-kadang ditimbulkan oleh tindakan masyarakat itu sendiri.

          Perang
Peperangan dengan negara lain juga memicu perubahan-perubahan karena negara yang menang akan memaksakan kebudayaannya pada negara yang kalah.

          Kebudayaan Masyarakat Lain
Kebudayaan yang disebarkan oleh bangsa lain dapat mengakibatkan revolusi. Hubungan yang dilakukan secara fisik antara dua kelompok masyarakat yang mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan pengaruh timbal balik, yakni masing-masing masyarakat dapaat memengaruhi masyarakat lainnya. Apabila pengaruh dari masyarakat tersebut diterima tidak karena paksaan, hasilnya dinamakan "Demonstration Effect". Proses penerumaan pengaruh kebudayaan asing di dalam antropologi budaya dinamakan akulturasi. Apabila salah satu dari 2 kebudayaan yang bertemu mempunyai taraf teknologi yang lebih tinggi, maka yang terjadi adalah proses imitasi, yaitu peniruan terhadap unsur-unsur kebudayaan lain.

          Contoh revolusi budaya yang lainnya juga sering kita lihat atau kita lakukan. Dalam beberapa tahun saja sudah banyak revolusi yang terjadi. Remaja-remaja lebih sering pergi ke Mall setelah pulang sekolah atau pulang kuliah dll. Anak-anak saat ini banyak yang sudah mengenal dunia Internet dan sering bermain Game Online daripada permainan yang pernah ada saat dulu. Hampir semua orang dari anak-anak sampai orang tua sudah bisa memiliki Handphone. Hal-hal seperti itu merupakan Revolusi Budaya yang terjadi dalam waktu yang cukup cepat.

Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com