Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Minggu, 31 Januari 2016

Proposal Bisnis MC Corporation

Proposal Bisnis

Nama Perusahaan          : MC Corporation
Alamat                           : Jl. Cikahuripan no. 1, Bogor Tengah, Bogor.
Telepon                         : 0251 – 8780726

Ringkasan Eksekutif
            Kami sebagai pengambil keputusan in syaa Allah berkomitmen untuk menjalankan perusahaan ini secara professional agar bisa menyelesaikan berbagai produksi dengan tepat waktu dan menjalankan bisnis ini dengan lancar. Dalam perusahaan ini, kami membagi dalam beberapa unit usaha yaitu, MC Shop yang bergerak di bidang barang-barang semacam pakaian, dan lain-lain. MC Food yang bergerak di bidang makanan semacam semi restoran. MC Mart yang bergerak di bidang kebutuhan pangan sehari-hari. MC Sport Center yang bergerak di bidang gedung olahraga seperti GOR Badminton, lapangan futsal, Gym, dan lain-lain. Masing-masing unit usaha in syaa Allah akan kami bangun dalam jangka waktu 1-1.5 tahun. Jika 1 unit usaha selesai dibuat maka 1-1.5 tahun kemudian kami akan membangun unit usaha lainnya yang sudah kami cantumkan diatas.
Tujuan
            Dalam menjalani bisnis ini, kami memiliki tujuan-tujuan yang terbagi dalam beberapa bagian tujuan, yaitu tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka pendek:
            Dalam jangka pendek, in syaa Allah kami akan membangun MC Shop. MC Shop ini akan terdapat beberapa kategori di dalamnya, seperti Fashion, Moslem, Sport, Adventure. Target bisnis ini ialah untuk semua kalangan atau semua usia.



Tujuan jangka menengah:
            Dalam jangka menengah, selain membangun MC Shop, in syaa Allah kami juga akan membangun MC Food. Target bisnis ini juga untuk semua kalangan atau semua usia.
Tujuan jangka panjang:
            Dalam jangka menengah, selain membangun MC Shop dan MC Food, in syaa Allah kami akan meneruskan membangun MC Sport Center dan MC Mart sesuai rencana awal kami. Semua target bisnis ini juga untuk semua usia. Dan kami juga akan berusaha mengembangkan produksi bisnis ini dengan membangun cabang-cabang di tempat lainnya.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi:
Menjadi pusat bisnis yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya.
Misi:
Ø  Mengutamakan produk dengan kualitas tinggi.
Ø  Menetapkan harga produk dengan harga yang bersahabat.
Ø  Mentargetkan kaum muda sebagai target utama.
Ø  Membuat promo-promo yang dapat menarik perhatian.
Ø  Terus berinovasi agar semakin banyak masyarakat yang meng-konsumsi produk kami.
Sekilas Perusahaan
        MC Corporation adalah sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang dan hanya terdapat di Kota Bogor dan sekitarnya.
Kepemilikan Perusahaan
            MC Corporation adalah sebuah perusahaan pribadi yang dimiliki M. Ridwan Julianto, namun mengajak atau merangkul sebuah kelompok yang bernama MC untuk menjadi bagian dari kepengurusan bisnis-bisnis yang ada di dalamnya.

Sejarah Singkat Perusahaan
            MC Corporation adalah sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Perusahaan ini didirikan pada 3 Juli 2015 oleh M. Ridwan Julianto dan dibantu oleh kelompok yang bernama MC.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
          MC Corporation bertempat di Jl. Cikahuripan no. 1, Bogor Tengah, Bogor. Kantor pusat MC Corporation berupa bangunan rumah bertingkat dengan ukuran +-500 m2. Untuk lokasi masing-masing unit usaha berada di tempat yang berbeda-beda.
Produk
            MC Corporation memiliki 4 unit usaha, yaitu MC Shop, MC Food, MC Mart dan MC Sport Center. MC Shop adalah unit usaha berupa menjual pakaian dan sebagainya. MC Food adalah unit usaha berupa semi-restoran yang mengutamakan makanan khas Indonesia namun juga terdapat makanan khas negara lain. MC Mart adalah unit usaha berupa mini market yang menjual kebutuhan sehari-hari. MC Sport Center adalah unit usaha berupa bangunan untuk berolahraga seperti Lapangan Futsal, Lapangan Badminton, Gym, Lapangan Basket, dll.


MC Shop:
Ø  Fashion Category
Ø  Moslem Category
Ø  Sport Category
Ø  Adventure Category
MC Food:
Ø  Special Indonesian Foods
Ø  Other Foods
Ø  Dessert
Ø  Drinking
MC Mart:
Ø  Produk-produk kebutuhan pangan, dll.
MC Sport Center:
Ø  Lapangan Futsal
Ø  Lapangan Badminton
Ø  Lapangan Basket
Ø  Gym


Deskripsi Produk
MC Shop:
Ø  Fashion Category
Fashion Category adalah kategori untuk berbagai jenis pakaian santai seperti baju, jaket, jeans, atau sepatu yang biasa digunakan kaum muda.
Ø  Moslem Category
Moslem Category adalah kategori untuk berbagai jenis pakaian muslim seperti gamis syar’i untuk akhwat, gamis untuk pria, hijab syar’i, dan lain-lain.
Ø  Sport Category
Sport Category adalah kategori untuk berbagai jenis perlengkapan olahraga seperti sepatu sepak bola, sepatu futsal, sepatu basket, sepatu badminton, jersey club, raket badminton dan tenis, dan lain-lain.
Ø  Adventure Category
Adventure Category adalah kategori untuk berbagai jenis perlengkapan hiking atau mendaki gunung seperti tenda, tas carrier, sepatu, baju, dan lain-lain.
MC Food:
Ø  Special Indonesian Foods
Special Indonesian Foods merupakan menu untuk makanan khas Indonesia seperti Nasi Goreng dengan berbagai macam, Bakso, Ayam bakar dengan berbagai macam, makanan khas sunda, makanan khas jawa, dan lain-lain.
Ø  Other Foods
Other Foods merupakan menu untuk makanan yang bukan khas Indonesia atau makanan khas luar negeri seperti Spaghetti, Steak, dan lain-lain.
Ø  Dessert
Dessert merupakan menu untuk hidangan penutup atau istilahnya makanan pencuci mulut. Dessert yang tersedia seperti Creppes, Ice Cream, Souffle, Pudding, Cake, dan lain-lain.
Ø  Drinking
Drinking merupakan menu untuk minuman-minuman lainnya seperti Jus, aneka coffee, dan lain-lain.
MC Mart:
            MC Mart merupakan unit usaha yang menjual kebutuhan-kebutuhan rumah tangga sehari-harinya, seperti makanan, minuman, peralatan mandi, dan lain-lain.
MC Sport Center:
            MC Sport Center merupakan unit usaha berupa bangunan olahraga seperti Lapangan Futsal, Lapangan Badminton, Lapangan Basket, Kolam Renang, Gym. Kemungkinan untuk unit usaha ini membutuhkan lahan sekitar 4000m2.
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk
            Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk penyajian dan karakteristiknya. Pada masing-masing lokasi MC Shop, MC Food, MC Sport Center, dan MC Mart memiliki tempat yang menarik dan memiliki fasilitas yang baik. MC Shop memiliki desain ruangan yang menarik seperti distro-distro lainnya, namun terlihat lebih elegan. Begitu juga dengan bangunan unit usaha yang lainnya. Selain itu pada MC Food dan MC Sport Center juga terdapat fasilitas yang baik dan nyaman terutama untuk kaum muda, maka dari itu kami akan menyediakan fasilitas free Wi-fi karena banyak pemuda yang saat ini menyukai tempat yang tersedia sinyal wi-fi.
            Untuk harga masing-masing produk atau unit usaha, kami memberikan nilai harga yang relatif murah dan sesuai isi kantong pemuda. Semua itu kami berikan agar senantiasa target kami yaitu para pemuda terus mengunjungi unit usaha kami. Dan juga kami berusaha agar kami bisa mewujudkan visi yang telah kami sampaikan, yaitu agar menjadi pusat bisnis yang berpengaruh bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya.
Analisis Pasar
            Saat ini banyak usaha bisnis yang memiliki nilai harga yang murah namun fasilitasnya kurang atau biasa saja. Namun banyak pula usaha bisnis yang memiliki fasilitas baik namun nilai harga yang ditetapkan relatif mahal. Maka dari itu kami membuat suatu innovasi yakni memiliki usaha bisnis yang harganya relatif murah dan fasilitasnya pun baik. Karena yang seperti ini di Kota Bogor dan sekitarnya sendiri mungkin belum pernah ada. In syaa Allah dengan innovasi kami yang memiliki nilai harga yang murah dan fasilitas yang baik, itu akan menjadikan kami sebagai tempat yang dicari oleh masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya khususnya untuk kawula muda.
Analilis Industri
            Saat ini kami juga tahu bahwa mungkin banyak usaha bisnis yang memiliki kualitas yang baik, entah dari bangunannya atau produknya. Maka dari itu kami in syaa Allah kami yakin bahwa kami tidak akan kalah dalam bersaing karena kami memiliki poin plus pada nilai harga yang ditetapkan dan fasilitas yang diberikan.
Peramalan Pasar
          Jika semua tujuan kami telah dibangun sepenuhnya dan memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya sesuai visi yang kami berikan,  in syaa Allah kami siap untuk membuka cabang di Kota lainnya seperti di Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang dan Surabaya. Jika usaha bisnis kami semakin berkembang di Indonesia, in syaa Allah kami siap pula untuk bersaing di pasar International dengan membuka cabang di beberapa negara.
Strategi Pemasaran
            Kami tidak menggunakan strategi khusus dengan berbagai istilah, namun kami memiliki strategi yakni dengan kawula muda sebagai target utama. Karena di negeri ini persentase jumlah kawula muda sangat banyak dibandingkan kawula lainnya. In syaa Allah jika memungkinkan kami akan bekerja sama dengan beberapa pihak dalam hal promosi dan pemasaran unit-unit usaha yang kami miliki.
Organisasi
Dalam perusahaan kami ini yang juga dibantu oleh kelompok yang bernama MC, maka kami menjadikan beberapa anggota MC sebagai kepala divisi yang kami miliki.
Divisi Produksi:
Ø  Kepala Produksi: Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
Ø  Product designer
Ø  Programmer
Ø  Graphic Designer dan Animator
Ø  Photographer dan Writer
Divisi Keuangan dan Manajemen:
Ø  Kepala keuangan dan manajemen: Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
Ø  Akuntan
Ø  Administrasi
Divisi Operasional dan Pemeliharan:
Ø  Kepala operasional dan pemeliharaan: Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja. 
Ø  Teknisi
Ø  OB
Divisi Pemasaran:
Ø  Kepala pemasaran: Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
Ø  Humas
Ø  Sales
Struktur Organisasi
Direktur Utama
 
 
 











                                                    
Biaya Investasi
Perlengkapan Kantor Pusat
Ø  1 buah meja panjang
Ø  10 buah kursi
Ø  1 set kursi tamu
Ø  2 buah Dispenser
Ø  6 buah AC

Perangkat Keras
Ø  10 Laptop
Ø  Sebuah Scanner
Ø  Sebuah Printer
Ø  Sebuah kamera digital
Total biaya investasi = xxxx
Biaya Operasional
Ø  Bayar rumah selama 5 tahun
Ø  Listrik selama setahun
Ø  Telepon selama setahun
Ø  Perlengkapan kantor setahun
Total biaya Operasional = xxx
Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional
Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. Xxx  + Rp. Xxx  = Rp. Xxxx
Pendapatan
100 jenis produk MC Shop 1 bulan, 4 menu MC Food 1 bulan, 300 jenis produk MC Mart 1 bulan, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. xxx : Rp. xxx = xxx

R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. xxx

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com