Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Kamis, 07 November 2013

Masalah sosial yang ada di Indonesia

          Kalau kita membicarakan tentang "masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia", banyak hal-hal yang sering terjadi. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki masalah sosial, di seluruh negara yang ada di dunia ini pun pasti memiliki masalah sosial. Namun jika kita membicarakan hal ini, kita bisa menemukannya setiap hari. Tidak sedikit masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia, akan tetapi sangat banyak sekali masalah-masalah yang ada. 

          Masalah sosial dapat dirumuskan atau dinyatakan dengan suatu entitas berpengaruh yang mengancam nilai-nilai pada suatu masyarakat sehingga dapat berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat. Saat ini jumlah masalah sosial semakin meningkat. Seiring bergantinya zaman, mungkin memang pasti ada perubahan yang bersifat positif atau negatif, dan salah satu contoh perubahan negatif itu termasuk dalam masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia. Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, mungkin zaman dahulu banyak terjadi masalah sosial dalam bentuk materi. Namun saat ini masalah sosial dalam bentuk materi sudah banyak perubahan, tetapi justru masalah sosial dalam bentuk etika dan moral lah yang semakin meningkat. 

          Contoh atau bentuk masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia yang saat ini masih sering terjadi ialah Korupsi, kemiskinan, kejahatan, pengangguran, tawuran, narkoba dikalangan remaja, anak-anak kecil yang merokok, pergaulan bebas/seks bebas, dan masih banyak lagi contoh masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia yang saat ini masih sering terjadi. Saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang beberapa masalah-masalah tersebut, yaitu:

* Korupsi
Contoh korupsi
Kata "Korupsi" itu sudah tidak asing lagi untuk didengar oleh orang-orang saat ini. Saat ini, korupsi yang ada di Indonesia lebih sering terjadi atau dilakukan oleh para pejabat dan pemerintah. Entah apa yang ada dipikiran para pejabat dan pemerintah tersebut, namun mereka dengan seenaknya saja mengambil hak yang seharusnya menjadi hak rakyat. Korupsi sebenarnya bukan hanya dalam bentuk uang, tapi banyak bentuk lainnya. Korupsi juga sering terjadi dikalangan pelajar juga sering terjadi, contohnya yaitu menyontek.

* Tawuran
Tawuran sering terjadi dikalangan remaja, khususnya para pelajar. Tawuran mungkin sudah dijadikan budaya bagi para remaja. Penyebab terjadinya tawuran itu biasanya hanyalah hal-hal yang bersifat "sepele". Adu domba, saling mengejek atau mungkin hanya saling senggol sedikitpun sudah bisa memicu terjadinya tawuran. Namun, biasanya remaja yang menjadi peserta tawuran adalah remaja yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtua mereka dan lebih menyukai dunia luar.

* Narkoba
Narkoba juga menjadi masalah besar khususnya dikalangan remaja, karena sekitar 70-80% yang menggunakan narkoba ialah kalangan remaja. Penyebab hal ini pun mungkin juga karena kurang mendapatkan perhatian dari orangtua, kurang mendapatkan pelajaran agama sejak kecil, dan bisa juga karena penasaran dengan rasanya yang kemudian menjadi kecanduan untuk menggunakannya. 




* Merokok
Rokok juga menjadi salah satu masalah sosial yang ada di Indonesia, mengapa demikian? karena para perokok yang ada di Indonesia hampir setiap waktunya merokok disembarang tempat. Para perokok seperti berpikir ketika ia bernafas, bernafas itu memang bebas dimana saja, itulah yang menjadi mindset para perokok untuk merokok di sembarang tempat. Sekitar 75-80% perokok yang ada di Indonesia, merasa masa bodoh jika mereka ingin merokok. Mereka kurang atau bahkan tidak bisa berpikir bagaimana dampak bagi para perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun mendapat asap rokok dari asap yang dibuang oleh sang perokok. Saat ini, banyak anak kecil yang sudah merasakan atau menikmati sebatang rokok. Hal ini terjadi karena banyaknya anak-anak yang penasaran dengan rasanya merokok yang biasa dilakukan oleh kaum remaja, dewasa maupun orangtua. Saat ini pula tidak hanya kaum laki-laki saja yang menjadi perokok aktif, bahkan kaum perempuan pun banyak yang sudah menjadi perokok aktif. 

* Seks Bebas

Contoh terakhir dari beberapa masalah-masalah yang ada di Indonesia adalah Seks Bebas dikalangan remaja. Sekarang, banyak sekali terjadi hal seperti itu, bahkan mungkin jumlahnya akan meningkat setiap tahunnya. Banyak hal-hal seperti ini terjadi dikalangan pelajar, contohnya adalah seks bebas yang dilakukan oleh pelajar SMP di sebuah sekolah di Jakarta yang terjadi beberapa waktu lalu. Banyak kejadian, banyak pula dampak yang terjadi pada hal tersebut. Dampak dari kejadian tersebut seperti hamil diluar nikah. Mungkin di luar negeri, jika terjadi hal seperti hamil diluar nikah ialah anugerah, tapi di Indonesia itu akan menjadi sebuah hal yang amat memalukan berbagai pihak. 

          Itulah beberapa masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia. Masalah pasti akan selalu terjadi dalam kehidupan, dan tuhan pun sengaja memberikan masalah-masalah pada manusia disetiap waktu agar manusia dapat merasakan dampak dari perbuatannya atau agar menjadi pelajaran bagi manusia untuk lebih bisa mendekatkan diri kepada tuhan yang maha kuasa. 

Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com