Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Jumat, 08 November 2013

Upaya Pelestarian Lingkungan

          Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kesadaran orang-orang yang ada di Indonesia terhadap lingkungan masih kurang ada. Jika dibandingkan keadaan atau suasana Indonesia yang dulu dengan yang sekarang, banyak sekali perubahan yang terjadi. Saya sendiri memang tidak tahu suasana Indonesia pada jaman dahulu seperti apa, tetapi saya pernah melihat foto-foto suasana Indonesia pada jaman dulu. Pada jaman dulu, lingkungan sekitar yang ada di daerah manapun masih sangat dijaga oleh orang-orang yang hidup pada saat itu, jarang terdapat sampah di jalanan bahkan sungai pun terlihat bersih dan jernih. Air dari sungai yang bersih dan jernih tersebut sering dipakai untuk mencuci pakaian atau mandi, contohnya inilah perbandingan 2 lingkungan sungai Ciliwung saat ini dengan sungai Ciliwung jaman dulu: 
Indonesia Jaman dahulu

Indonesia saat ini
Foto di sebelah kiri ini adalah sungai Ciliwung pada jaman dahulu. Banyak yang bilang atau banyak fakta bahwa sungai tersebut masih sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari, contohnya mencuci baju.









Foto di sebelah kanan ini adalah sungai Ciliwung pada saat ini. Seperti yang anda lihat sendiri bahwa keadaan sungai tersebut sudah tidak layak untuk digunakan kegiatan sehari-hari contohnya untuk mencuci baju. Sekitar 60% orang-orang yang berada di daerah yang dilewati sungai Ciliwung, sering membuang sampah ke sungai tersebut, khususnya orang-orang yang tinggal sangat dekat dengan sungai Ciliwung itu. 




          Pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan di Indonesia mengacu pada UU No.23 1997. UU ini berisi tentang rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan suatu kegiatan. Upaya ini dilakukan agar kekayaan sumberdaya alam yang ada dapat berlanjut selama ada kehidupan. Nama lain dari pelestarian lingkungan hidup adalah Environmentalisme. Pada inti nya, environmentalisme adalah upaya untuk menyeimbangkan hubungan antara manusia dan berbagai sistem alam di mana manusia bergantung sedemikian rupa sehingga semua komponen mendapat perlakuan yang sesuai untuk kelestariannya. Lingkungan hidup dan masalah lingkungan sering diwakili oleh warna hijau. Berikut adalah beberapa upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup yang dikelompokkan menjadi 5 berdasarkan jenis lingkungannya.

* Pelestarian Tanah

          Pelestarian tanah bertujuan untuk melestarikan tanah datar, lahan miring atau perbukitan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menggalakan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali terhadap tanah yang semula gundul dan membangun terasiring atau sengkedan pada daerah yang posisi tanahnya miring.


* Pelestarian Udara

          Pelestarian udara bertujuan untuk menjaga udara yang ada di bumi agar tetap bersih dan tidak kotor untuk kita hirup. Beberapa hal yang bisa dilakukan pada pelestarian udara ini adalah menggalakan penanam pohon atau tanaman hias disekitar kita, mengurangi atau menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer, serta mengurangi emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran. 

* Pelestarian Hutan

          Pelestarian hutan bertujuan untuk menjaga hutan-hutan yang ada, karena jika tidak ada hutan maka kita pun tidak akan bisa hidup. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah Reboisasi atau penanaman kemnbali hutan yang gundul, melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang, menerapkan sistem tebang pilih, menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar aturan pengelolaan hutan.


* Pelestarian Laut

          Pelestarian laut bertujuan untuk menjaga keindahan laut dan hewan-hewan yang hidup di laut tersebut, karena jika laut menjadi kotor atau tercemar maka akan ada masalah besar bagi manusia. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau di areal sekitar pantai, melarang pengambilan batu karang yang ada di sekitar pantai maupun di sekitar laut, melarang pemakaian pukat harimau atau bahan peledak untuk mengambil ikan. 

* Pelestarian Flora dan Fauna

          Pelestarian Flora dan Fauna bertujuan untuk menjaga alam dan hewan-hewan yang ada. Cara-cara yang dapat dilakukan ialah mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa, melarang perburuan liar, dan menggalakan kegiatan penghijauan. 

          Itu adalah beberapa upaya untuk melestarikan lingkungan yang ada di manapun. Dalam upaya melestarikan lingkungan, sebenarnya bukan hanya hal-hal tersebut saja, tetapi masih banyak cara lain untuk melestarikan lingkungan sekitar. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kesadaran akan lingkungan yang ada di Indonesia masih sangat kurang, untuk itu orang-orang yang ada di Indonesia harus menanamkan kesadaran akan pentingnya lingkungan. Memang sangat susah jika hanya menjelaskan tanpa mempraktekan, untuk itu marilah kita mulai peduli akan pentingnya lingkungan bagi kita semua. Suatu perubahan dapat terjadi hanya karena 1 orang saja, oleh karena itu kita harus mulai melakukan pelestarian tersebut untuk mencontohkan kepada orang-orang yang masih belum sadar. 

Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com