Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Sabtu, 05 Juli 2014

Manusia dan Tanggung Jawab

Assalamu'alaikum.

     Hello readers! kalau tadi saya membahas tentang "Manusia dan Kasih", sekarang saya akan membahas tentang "Manusia dan Tanggung Jawab". Just check it out!

     Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Lalu bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. 

    Manusia pasti tak luput dari tanggung jawab. Setiap hari atau bahkan setiap waktu manusia selalu mempunyai rasa tanggung jawab terhadap banyak hal, baik hal yang kecil ataupun hal yang besar. Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

     Tanggung jawab terdapat beberapa macam-macam atau jenis-jenisnya:

1. Tanggung Jawab terhadap diri sendiri

     Manusia harus bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Setiap manusia bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri untuk membuat hidupnya pula menjadi lebih baik. Manusia juga bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri untuk kelangsungan hidupnya di dunia.

2. Tanggung Jawab terhadap Tuhan yang Maha Esa

     Sudah pasti manusia itu diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa, oleh karena itu manusia harus bisa bertanggung jawab terhadap tuhannya. Rasa tanggung jawab seorang manusia terhadap tuhannya ialah sebagai rasa syukur bahwa telah dihidupkan di dunia. Cara manusia bertanggung jawab terhadap tuhan ialah beribadah kepada tuhan, menjalankan apa yang Dia perintahkan. 

3. Tanggung Jawab terhadap keluarga

     Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga. Setiap anggota keluarga harus bisa mengharumkan nama baik keluarga agar tidak tercoreng di lingkungan masyarakat.

4. Tanggung Jawab terhadap Bangsa atau Negara

     Sama halnya dengan tanggung jawab terhadap keluarga, setiap warga negara yang baik juga harus bertanggung jawab terhadap bangsa atau negara. Warga negara harus bisa bertanggung jawab untuk mengharumkan nama baik bangsanya sendiri, menjaga lingkungannya, serta menjaga dari konflik-konflik yang bisa memecah belah bangsa tersebut.

     Jadi banyak sekali tanggung jawab yang harus dilakukan oleh manusia. Namun terkadang masyarakat di Indonesia banyak yang lalai soal tanggung jawab mereka masing-masing dan hanya ingin bermalas-malasan saja.

Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com