Welcome to the world of Mohamad Ridwan Julianto!

Minggu, 14 Desember 2014

Cara kerja PLTU Batu bara (Natural Resources)





     

     Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam semesta yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bentuknya bisa berwujud barang, benda, fenomena, suasana, gas/udara, air dan lain sebagainya. Sumber daya alam terdapat 2 golongan, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui, dan ada pula sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 

      Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Artinya walaupun sumber daya alam tersebut dipergunakan atau dimanfaatkan oleh manusia, tetapi manusia dapat mengusahakan kembali sumber daya tersebut, sehingga tidak khawatir habis, karena manusia bisa memperbarui sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat dikelompokkan menjadi sumber daya alam hayati, dan sumber daya alam non-hayati. maksud dari kelompok tersebut ialah sumber daya alam hayati berasal dari makhluk hidup, sedangkan sumber daya alam non-hayati bukan berasal dari makhluk hidup. Yang termasuk dari sumber daya alam hayati seperti hewan dan tumbuhan. Sedangkan yang termasuk sumber daya alam non-hayati adalah
tanah, air, udara. 

     Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika dipakai terus menerus akan habis dan tidak dapat diusahakan kembali keberadaannya oleh manusia. Manusia tidak bisa membuat atau memperbanyak keberadaan sumber daya alam jenis ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ialah minyak bumi, batu bara, emas dan perak, dan besi. Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang biasanya sering digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap Batu bara. 

      Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara adalah sebuah instalasi pembangkit tenaga listrik menggunakan mesin turbin yang diputar oleh uap yang dihasilkan melalui pembakaran batubara. PLTU batubara adalah sumber utama dari listrik dunia saat ini. Sekitar 60% listrik dunia bergantung pada batubara karena biaya PLTU batubara. Pembangkit listrik tenaga batu bara merupakan pembangkit listrik yang paling banyak digunakan di Indonesia. 43,7% dari keseluruhan daya Indonesia berasal dari batu bara. Indonesia sendiri merupakan pengekspor batu bara nomor 2 paling banyak di dunia setelah Australia. 

      Video tersebut menjelaskan bagaimana cara kerja PLTU Batu bara. Kebanyakan pembangkit listrik menghasilkan panas untuk menghasilkan uap yang menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik. fisi nuklir gas alam dan batubara bahan bakar utama yang digunakan di Amerika Serikat, pada pertandingan Crawford panggilan ini adalah pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan panas. pembangkit listrik tenaga batu bara tradisional seperti kaleng ini disodorkan memiliki dua komponen dasar yang pertama sebagai boiler tungku dirancang untuk membakar batubara dan menangkap energi panas yang dihasilkan menggunakan sistem sirkulasi air dan uap. Proses dimulai dengan boiler yang merupakan tungku pembakaran yang menjelaskan batubara bubuk disuntik dengan uap udara ke dalam tungku dalam suatu proses berkelanjutan melalui perangkat yang dikenal sebagai mitra. pembakar memicu panggilan dalam campuran udara menciptakan jumlah maksimum panas mungkin sebanyak seribu lima ratus derajat celcius. Bagian kedua dari sistem ini adalah generator turbin uap yang mengubah energi panas yang ditangkap oleh uap menjadi energi listrik. Pertama boiler panas yang berasal dari tungku ternyata berjalan melalui pipa-pipa di sekitar boiler menjadi uap. Uap ini perjalanan melalui lebih pipa ke turbin menyebabkan ia berputar dan mengubah poros ke generator yang menciptakan listrik. 

     Secara umum, cara kerja PLTU batubara mula-mula batubara dari luar dialirkan ke penampung batubara dengan conveyor,kemudian dihancurkan menggunakan pulverized fuel coal . Tepung batubara halus kemudian dicampur dengan udara panas oleh forced draught .Dengan tekanan yang tinggi, campuran tersebut disemprotkan ke dalam boiler sehingga akan terbakar dengan cepat seperti semburan api. Kemudian air dialirkan ke atas melalui pipa yang ada di dinding boiler. Air dimasak menjadi uap kemudian uap dialirkan ke tabung boiler untuk memisahkan uap dari air yang terbawa. Selanjutnya uap dialirkan ke superheater untuk melipatgandakan suhu dan tekanan uap hingga mencapai suhu 570° C dan tekanan sekitar 200 bar yang meyebabkan pipa akan ikut berpijar menjadi merah.Untuk mengatur turbin agar mencapai set point, dilakukan dengan men-setting steam governor valve secara manual maupun otomatis. Uap keluaran dari turbin mempunyai suhu sedikit di atas titik didih, sehingga perlu dialirkan ke condenser agar menjadi air yang siap untuk dimasak ulang. Sedangkan air pendingin dari condenser akan di semprotkan kedalam cooling tower sehingga menimbulkan asap air pada cooling tower. Air yang sudah agak dingin dipompa balik ke condenser sebagai air pendingin ulang. Sedangkan gas buang dari boiler diisap oleh kipas pengisap agar melewati electrostatic precipitator untuk mengurangi polusi dan gas yang sudah disaring dibuang melalui cerobong. 

     Itulah beberapa penjelasan tentang batu bara yang menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. PLTU Batubara terbesar se-Asia Tenggara berkapasitas 2 x 1000 megawatt rencananya dibangun di Batang, Jawa Tengah dengan menggunakan teknologi terbaru dan pertama kali diterapkan Indonesia, yakni teknologi USC (Ultra Super Critical) dengan menggunakan peralatan penangkap sulfur (FGD) filter debu. 


sumber:  
-https://aprielhyani.wordpress.com/jenis-jenis-sumber-daya-alam-dan-mengelompokkan-sumber-daya-alam-berdasarkan-ciri-tertentu/.
-http://indone5ia.wordpress.com/2012/06/02/pembangkit-listrik-tenaga-uap-pltu-batubara-4-2/
-http://www.hargen.co.id/news/2014/06/pembangkit-listrik-tenaga-batu-bara
-https://www.youtube.com/watch?v=GI7AhajfhWE

Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar

Joelyants. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma














Copyright © @Ridwan_Joelyant's | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com